Langkah Praktis Menabung untuk Mereka dengan Gaji tidak Tetap | Motivasi Menabung

Langkah Praktis Menabung untuk Mereka dengan Gaji tidak Tetap

by Admin
Comments are off for this post.
Menabung

Langkah Praktis Menabung untuk Mereka dengan Gaji tidak Tetap

Menabung akan terasa lebih mudah bagi mereka yang memilki penghasilan tetap setiap bulannya. Namun faktanya, tidak semua orang memiliki gaji yang tetap setiap bulannya. Seperti contohnya adalah mereka yang membuat usaha sendir dimana besarnya mereka dapat dipengaruhi oleh banyak hal seperti misalnya kondis pasar, timing atau waktu, ketersediaan bahan baku, harga bahan baku dan lain sebagainya. Lalu, apakah mungkin bagi mereka dengan gaji yang tidak tetap untuk menabung? Jawabannya sangat mungkin. Berikut ini tips sederhana untuk anda.

  1. Pastikan Dahulu Jumlah Pengeluaran Anda Setiap Bulannya-Menabung

Langkah praktis pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan memastikan dahulu jumlah pengeluaran yang biasanya anda dan keluarga miliki setiap bulannya. Anda dapat menghitungnya dengan bantuan pasangan anda jika anda merasa kesulitan dalam menghitungnya. Pengeluaran dapat dibedakan menjadi 3 jenis yakni pengerluan primer untuk kebutuhan seperti sandang, pangan dan papan; keperluan Sekunder untuk kepentingan listrik, pulsa handphone, transportasi, dll; pengeluaran tersier yang digunakan untuk keperluan seperti makan di luar, wisata, hiburan dan sebagainya. Lain halnya dengan penghasilan yang bisa tidak tetap, pengeluaran bersifat tetap. Cara untuk anda dengan penghasilan tidak tetap adalah dengan membuat rincian keluarga setiap bulannya, mulai dari kebutuhan yang Wajib, Butuh dan hanya sekedar ingin. Dari sekian banyak pengeluaran tersebut, anda harus mengambil pengeluaran yang bersifat wajib saja. Sisa dari uang pun dapa anda gunakan untuk menabung.

  1. Disiplin dan Buatlah Amplop yang Terpisah-Menabung

Tips kedua adalah jadilah lebih disiplin. Jika anda dan pasangan anda membuka usaha bisnis, maka sediakan dua amplop berbeda. Salah satu amplop berisi pengeluaran bulanan keluarga yang telah anda hitung hitung sebelumnya, dan amplop satunya lagi adalah pengeluaran untuk keperluan bisnis anda. lalu, mungkin anda akan bertanya bagaimana dengan pengeluaran yang sifatnya pasti untuk pendapatan anda yang tidak pasti? Jawabannya adalah anda harus memiliki dana darurat yang bisa anda cicil untuk dibuat setiap bulannya. Biasanya, dana darurat yang banyak disarankan adalah sejumlah 12x dari pengeluaran bulanan anda.

  1. Membuat Usaha Sampingan-Menabung

Maksud dari tips ketiga untuk anda yang tidak memilki gaji tetap adalah dengan menggunakan peribahasa sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui. Maksudnya, anda dapat membuat sebuah usaha kecil kecilan di dalam usaha utama anda. misalnya saja jika anda utamanya memiliki usaha salon, maka tak ada salahnya jika anda membuat usaha lain dengan cara menjual jus atau minuman lain di salon anda. cara ini akan sangat efektif karena biasanya banyak orang yang menunggu giliran di salon. Sembari menunggu, mereka dapat menikmati minuman atau jus yang anda jual. Selain dapat mendatangakan keuntungan finansial, cara ini juga diyakini dapat memperbaiki mood langganan yang menunggu giliran. Cara yang mudah dan praktis bukan? Tak ada salahnya untuk mulai mencoba tips yang ketiga ini sesegera mungkin.

Menabung

Langkah Praktis Menabung untuk Mereka dengan Gaji tidak Tetap

3 cara atau langkah praktis tersebut diatas sangat lah mudah untuk dilakukan. Menabung bukan hanya untuk mereka dengan penghasilan besar dan tetap. Menabung dapat dilakukan siapapun, dengan nominal berapapun asalkan dilakukan secara konsisten dan niat yang kuat. Mindset utama yang harus anda miliki adalah pemasukan bulanan haruslah lebih besar atau lebih banyak dari pengeluaran bulanan anda.

Share this article

Comments

  • January 24, 2017

    LANGKAH PRAKTIS MENABUNG UNTUK MEREKA DENGAN GAJI TIDAK TETAP yaitu dengan mengenali dahulu rata-rata pendapatan per hari atau per bulannya. Kemudian mengkalkulasi pengeluaran utama per hari hingga per bulan. Bliamana kedua faktor sudah ketemu tinggal dikurangkan. Adalah selisih plus disitu.
    Bilamana ada selisih plus maka berapapun selisih itu, maka kalikan 50%, dan hasil perkalian itu yang 50% bisa ditabung secara rutin. Sisanya 50% adalah dana cadangan untuk keperluan mendesak / MENABUNG unik