Menabung dan Investasi | Motivasi Menabung

Menabung dan Investasi

by Admin
Comments are off for this post.

Kegiatan menabung dan investasi mungkin telah dikenal oleh banyak orang, namun kita tidak dapat memungkiri jika menabung mungkin lebih banyak dikenal dan diamalkan oleh masayarakat. Ya, memang sejak dari kanak kanak pun, kita telah diperkenalkan dengan menabung. Misalnya saja menabung di sekolah atau menabung dengan menggunakan celengan. Jika kita berbicara mengenai menabung dan investasi, masih banyak orang yang menganggapnya sebagai hal yang sama. Benarkah menabung dan investasi adalah hal yang sama? Kenyataannya menabung dan investasi sangatlah berbeda. Berikut ini ulasannya.

Perbedaan Antara Menabung dan Investasi

Terdapat berbagai perbedaan antara menabung dan investasi yang bisa kita ketahui, antara lain:

  • Besarnya dana yang dibutuhkan seseorang untuk menggapai sebuah target harapan
  • Waktu yang ditentukan untuk uang tersebut dipakai atau disimpan
  • Rencana pencapaiaan yang diinginkan

Selain 3 alasan tersebut, sebenarnya masih banyak alasan lainnya yang membedakan antara menabung dan investasi. Untuk lebih mengerti  mengenai menabung dan investasi, maka kami akan memberikan pengertian dari masing masing kegiatan tersebut.

Definisi Investasi

Investasi dapat berarti penanaman dana yang dapat berupa uang, perusahaan, proyek atau mungkin aset yang lainnya dimana tujuan dari penanaman dana tersebut adlaah untuk memperoleh keuntungan. Secara mudahnya investasi adalah keadaan dimana kita membeli sebuah aset dimana kita berharap akan memperoleh keuntungan dari aset tersebut yang dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi. Banyak juga orang yang mengartikan investasi sebagai hasil usaha yang ditunda yang mana akan dikonsumsi atau dipakai di masa yang akan datang. Bisa dibilang bahwa keuntungan yang tertunda ini sebagai”bayaran” atas waktu yang telah ditunggu oleh sang penanam investasi.

Secara garis besar, investasi dapat dibedakan menjadi:

  • Riil Investment. Ini adalah investasi dimana sang penanam investasi memberikan investasi dengan jumlah yang tertentu untuk aset yang dapat dilihat atau berwujud. Misalnya saja seperti emas, property, tanah, dll.
  • Financial Investment, dimana penanam investasi memberikan investasi untuk sesuatu yang tak berwujud, misalnya seperti saham, obligasi, deposito, dsb.

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh investasi adalah dimana investasi dipengaruhi oleh inflasi, sehingga harganya dapat turun naik.

Dalam investasi terdapat beberapa hal yang dapat kita catat antara lain seperti:

  • Transaksi investasi dilakukan di pasar yang riil dan juga pada pasar keuangan atau pasar saham
  • Objek yang diigunakan pada investasi adalah aset dan uang hanya digunakan sebagai alat oengukur atas nilai aset tersebut
  • Pihak penanam saham dalam investasi disebut dengan investor
  • Kegiatan usaha pada investasi bukan dilakukan pada perbankan seperti layaknya kegiatan menabung pada umumnya, namun pada pasar modal.

Investasi mungkin agak sedikit membutuhkan keberanian, namun dapat memberikan hasil yang banyak dan cepat.

Pengertian Menabung

Menabung adalah kegiatan menyimpan uang yang dapat dilakukan di bank, di celengan, dll. Jika investasi dapat naik dan turun nilainya karena inflasi, maka dalam menabung kita tidak akan menemukan resiko tersebut. Mungkin karena inilah kebanyakan masyarakat lebih memilih menabung dibandingkan investasi. Jika masih bingung untuk memilih manakah yang lebih baik kita lakukan, menabung atau investasi? Menabung mungkin adalah pilihan yang aman untuk dicoba terlebih dahulu karena terbukti lebih aman. Dalam menabung, objek yang dipakaii adalah uang, biasanya pihak yang menabung disebut nasabah dan hasil menabung berupa bunga (hal ini jika berlaku jika kita menabung di Bank).

Baca Juga: Jika Ingin Sukses Dalam Menabung

Share this article

Comments

  • Nita dewi
    December 26, 2016

    Menabung dan investasi, adalah 2 hal yang sama dlm arti mengumpulkan utk memperoleh suatu manfaat. Namun, akan lebih bermanfaat lagi kalau sesuatu itu bisa dipergunakan utk keperluan jangka panjang. Tentu akan menjadi hal yang menyenangkan… Kalau menurut kalian lebih untung mana, menabung atau berinvestasi..? Yuk sisihkan sebagian penghasilan utk mewujudkannya!! Karena semua terserah, kalianlah penentu masa depan keluarga.. Salam

  • December 31, 2016

    MENABUNG DAN INVESTASI, dua kata berbeda, dua cara berbeda, dua definisi berbeda, namun mempunyai tujuan yang sama yaitu menyimpan uang untuk keperluan masa depan yang lebih baik.
    Kedua instrumen ini jelas sangat berbeda dalam pengelolaan sistem keuangan. Namun MENABUNG DAN INVESTASI saat ini bisa digabungkan dengan sistem keuangan yang handal.
    Instrumen produk keuangan ini antara lain, reksadana, asuransi unit link, dan kepemilikan kredit emas. Produk inilah yang bisa MENABUNG DAN INVESTASI.

  • finna
    December 31, 2016

    MENABUNG DAN INVESTASI , 2 kata yang memiliki manfaat dan tujuan yang sama , kedua nya saling berkaitan karna antara MENABUNG DAN INVESTASI intinya hanyalah mengumpulkan uang atau benda yang memiliki nilai jual tinggi , dan hanya CAR 3I NETWORKS yang punya idr dan gagasan yang hebat , MENABUNGA sekaligus memiliki nilai INVESTASI yang tinggi , gabung bersama kami sukses buat anda , tunda join tunda kesuksesan☺

  • Tandra Nurwan Firandy
    January 2, 2017

    Intinya tetap sama…..yakni penyamatan asset.
    Hal mendasar yamg membedakan tabungan dan investasi adalah durasi waktu.
    tabungan punya kecenderungan waktu jangka pendek dalam mendukung kesehatan perekonomian masing-masing personal.
    Sedangkan Investasi …
    Berkecenderungan Berjangka waktu relatif lama.
    Akan tetapi memiliki nilai atau hasil yang lebih besar dalam perkembangannya.

  • kokom
    January 3, 2017

    MENABUNG DAN INVESTASI merupakan 2 kata yang berbeda tetapi mempunyai makna dan manfaat yang sama yaitu mengumpulkan dan menambah financial kita.
    Dengan berINVESTASI kita bisa mendapatkan hasil dan bisa kita sisihkan untuk MENABUNG jadi kita bisa melakukan keduanya.
    Di CAR 3i Network kita bisa mendapatkan keduanya maka mulailah kita ubah pola pikir kita agar mendapatkan manfaat MENABUNG DAN INVESTASI untuk masa depan kita.