Menabung untuk Persiapan Pensiun | Motivasi Menabung

Menabung untuk Persiapan Pensiun

by Admin
Comments are off for this post.

Meskipun masih mudah, sebenarnya bukan sebuah masalah jika kita mulai memikirkan tabungan yang dapat kita gunakan untuk dana pension. Mengapa? Hal ini karena kebutuhan hidup yang meningkat pasti akan selalu memaksa kita untuk lebih cermat dalam mengatur keuangan termasuk nanti ketika kita sudah memasuki masa masa pension. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kia lakukan dalam menabung untuk persiapan pensiun.

  1. Mulai dari Sekarang

Kegiatan menabung atau berhemat seringkali kita tunda tunda. Padahal kebiasaan untuk dapat menabung tidak akan pernah berhasil jika tidak langsung kita mulai. Dengan arti kata lain akan lebih baik jika kita memulai kebiasaaan menabung mulai dari sekarang. Jika masih merasa kesulitan, maka anda dapat meminta bantuan jasa keuangan yang dapat membantu anda. usahakan untuk dapat menabung 3% – 10% dari penghasilan untuk digunakan sebagai persiapan pensiun.

  1. Membuat Biaya Pengeluaran dengan Rinci

Biaya pengeluaran yang tidak pernah kita catat dapat membuat kita lupa diri dan ini dapat menguras gaji atau tabungan di akhir bulan. Oleh karena itulah, lebih baik kita membuat rinican biaya pengeluaran setiap bulan sehingga kita akan tahu kebutuhan apa yang sering kita miliki dan manakah kebutuhan yang lebih penting. Jangan lupa untuk menyisipkan rencana menabung untuk persiapan pensiun dalam list biaya pengeluaran yang anda buat.

  1. Lunasi Hutang

Salah satu cara terbaik untuk mendukung kegiatan menabung kita adalah dengan melunasi hutang hutang yang kita miliki. Hutang dapat menghambat kegiatan menabung, terutama untuk hutang yang berbunga. Hutang dapat menggerogoti pendapatan kita dengan teratur. Oleh karena itu, jika sudah memiliki uang, maka akan lebih baik jika kita segera melunasi semua hutang hutang kita. Setelah hutang telah terlunasi, maka kita dapat fokus menabung.

  1. Menyiapkan Dana Darurat

Menyimpan dana darurat sangatlah penting. Jika kita lihat secara teori, maka seorang lajang seharusnya memiliki persiapan dana darurat setidaknya 3x dari jumlah gaji yang didapatkannya setiap bulan. Sementara itu, bagi kita yang sudah berkeluarga, dana darurat harus paling tidak 6x dari pendapatan yang diperoleh setiap bulannya. Persiapan danan darurat ini akan sangat membantu terutama saat kondisi keuangan kita sedang buruk. Anda dapat menyimpan dana persiapan darurat ini pada tabungan khusus atau deposito. Selain dapat kita gunakan sendiri jika sewaktu waktu membutuhkannya, dana darurat ini juga dapat berguna bagi orang orang yang kita cintai.

  1. Investasi

Jika tabungan sudah dirasa cukup, tak ada salahnya untuk berinvestasi. Investasi ini dapat kita gunakan untuk persiapan pensiun kita. Anda dpaat berinvestasi dalam hal yang bersifat real atau secara finansial seperti misalnya membeli saham atau obligasi. Namun sepertinya banyak orang lebih memilih untuk berinvestasi pada benda benda yang berwujud seperti misalnya emas, tanah, property dan lain sebagainya. Investasi yang paling mudah adalah membeli emas. Investasi ini menguntungkan dan memiliki resiko lebih kecil karena harga emas tidak terlalu banyak dipengaruhi oleh inflasi.

  1. Membuka tabungan Khusus

Tak ada salahnya kita membuka rekening khusus untuk tabungan yang kita gunakan sebagai persiapan pensiun. Akan lebih baik lagi jika tabungan ini merupakan tabungan yang tak tersentuh, misalnya dengan tanpa menggunakan kartu ATM sehingga kita tidak akan tergoda untuk mengambil uang di tabungan persiapan pensiun tersebut

Share this article

Comments

  • December 28, 2016

    MENABUNG UNTUK PERSIAPAN PENSIUN banyak dilakukan oleh kalangan pekerja terutama mereka yang menduduki posisi manajemen menengah ke atas.
    MENABUNG UNTUK PERSIAPAN PENSIUN kalau di lingkungan PNS sudah diatur ketentuannya oleh pemerintah. Trus bagaimana untuk yang di lingkungan swasta.
    Tentu mereka harus mempersiapkan diri dengan cara berasuransi atau berinvestasi guna mempersiapkan masa pensiunnya.
    Karyawan yang siap sejak dini ikut asuransi hari tua ibarat MENABUNG UNTUK PERSIAPAN PENSIUN.

  • kokom
    January 3, 2017

    MENABUNG UNTUK PERSIAPAN PENSIUN perlu kita lakukan juga mengingat kita tidak tahu akan kejadian yang mungkin terjadi,seperti adanya PHK atau sebuah kecelakaan.
    Jika kita sudah mempunyai persiapan sejak dini maka keluarga dan orang-orang terdekat kita tidak akan terlantar.Maka mulailah MENABUNG UNTUK PERSIAPAN PENSIUN agar kita tidak bingung di kemudian hari.
    Ingin punya dana pensiun kaya PNS atau ingin pensiun dini mulailah MENABUNG UNTUK PERSIAPAN PENSIUN dari sekarang.

  • January 3, 2017

    MENABUNG UNTUK PERSIAPAN PENSIUN bukan hanya untuk kalangan PNS saja, tetapi bagi pegawai swasta juga harus punya dana pensiun.
    Bagi karyawan sebenarnya sdh ada dana pensiun seperti BPJS ketenagakerjaan, tapi selama ini dana itu tidak mencukupi setelah karyawan masuk pensiun karena persentasi perkembanganya kecil.
    Terus solusi terbaik apa? karyawan bisa ikut program Tabungan investasi/asuransi.

  • January 3, 2017

    MENABUNG UNTUK PERSIAPAN PENSIUN bukan hanya untuk kalangan Pegawai Negeri saja, tetapi bagi pegawai swasta juga harus punya dana pensiun.
    Bagi karyawan sebenarnya sdh ada dana pensiun seperti BPJS ketenagakerjaan, tapi selama ini dana itu tidak mencukupi setelah karyawan masuk pensiun karena persentasi perkembanganya kecil.
    Terus solusi terbaik apa? karyawan bisa ikut program Tabungan investasi/asuransi.